'/> Apa Itu Vlog / Vlogging ? Serta Fenomena Vlog Di Indonesia

Info Populer 2022

Apa Itu Vlog / Vlogging ? Serta Fenomena Vlog Di Indonesia

Apa Itu Vlog / Vlogging ? Serta Fenomena Vlog Di Indonesia
Apa Itu Vlog / Vlogging ? Serta Fenomena Vlog Di Indonesia

Apa itu Vlog / Vlogging ? Serta Fenomena Vlog di Indonesia
Belakangan ini lagi ngehitz ne orang-orang sama namanya nge-Vlog / Vlogging, mungkin sebab sering di pelopori sama bang Raditya Dika atau biasa di panggil juga Bang radith atau Bang Dika dan beberapa youtuber-youtuber lainnya sehingga banyak yang latah jadi kepengen nge-Vlog juga, Kalau untuk saya eksklusif sih belum hingga kearah nge-Vlog juga tapi untuk ketika ini hanya ngikutin Chanelnya youtuber aja. Khususnya Youtube Chanel bang dika, dan itu udah saya ikuti dari lama, dan setiap ada Video gres yang di upload sama bang dika, niscaya bakal saya tonton.. :) kadang malah saya tunggu-tunggu video barunya.  Sebenarnya menciptakan video-video di youtube itu bukan hanya sekedar keisengan loh, melainkan sebuah hobi atau mungkin bisa juga profesi yang bisa mendatangkan penghasilan yang menggiurkan. Makanya banyak orang-orang jadi ikut-ikutan nge-Vlog. Kenapa saya bisa tau ? sebab saya juga bisa menghasilkan uang dari nge-Blog walaupun berbeda dengan nge-Vlog, jikalau Vlog itu basiknya Video yang di upload ke Youtube sedangkan nge-Blog itu nulis artikel di Blog pribadi. Namun keduanya mempunyai kesamaan, sebab sama-sama menghebat dan luar biasakan iklan untuk menghasilnya uang.. xixixi.. bagi anda yang masih gundah dengan istilah nge-Vlog ini, memberikankut penjelasannya :

Video blog biasa disingkat vlog yaitu sebuah blog yang bermediakan video. Apabila kalian sering mengunjungi situs YouTube, tentu sudah mengenal apa itu vlog. Sedangkan Vlogger itu sendiri berarti orang yang menciptakan vlog.

Video-Blogging, atau bisa disingkat vlogging (diucapkan Vlogging, bukan V-logging), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan memakai medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. Berbagai perangkat menyerupai ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang ditidak ada yang kurangi dengan mikrofon merupakan modal yang memperringan dan sepele untuk melaksanakan acara video blogging.

Video blogging masih sanggup disebut sebagai bentuk lain dari televisi internet. Video blogging biasanya ada juga yang ditidak ada yang kurangi dengan keterangan teks atau gambar foto, serta untuk beberapa video blogging, menyantumkan metadata lainnya.

Video blogging sendiri sanggup dibentuk dalam bentuk rekaman satu gambar atau rekaman yang dipotong ke beberapa bagian. Dengan perangkat lunak yang tersedia, seseorang sanggup menyunting video yang mereka buat dan memadukannya dengan audio, serta menggabungkan beberapa rekaman ke dalam satu gambar, sehingga menjadi suatu rekaman video blogging yang padu. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Video_blogging)

Fenomena Vlog di Indonesia

Di Indonesia, penggunaan video blogging mulai disadari knorma dan sopan santun pada tahun 2009 muncul sebuah video rekaman eksklusif seorang aktris dan penyanyi muda dikenal dan banyak dipakai berjulukan Marshanda, yang tersebar luas di YouTube dan menjadi topik yang segera hangat dibicarakan ketika itu, sebab video tersebut memberikansikan ungkapan perasaan eksklusif sang artis.

Selain itu, fenomena video blogging yang terjadi pada tahun 2010 di Indonesia juga ditunjukkan dengan tiba nya dua orang gadis muda asal Jawa Barat berjulukan Sinta dan Jojo yang merekam diri mereka sedang menari dan menyanyikan lagu-lagu secara Lipsync, salah satunya yang paling menciptakan mereka tenar ialah lagu ”Keong Racun”. Popularitas video blogging Sinta dan Jojo yang menyanyikan lagu dengan lipsync ditunjukkan dengan pemmemberikantaan di media massa, serta isu terkini masyarakat yang menggandakan gaya menari mereka berdua, bahkan ada yang menjadikannya sebagai suatu kompetisi oleh masyarakat lokal di Indonesia.

Popularitas video blogging di Indonesia, terutama yang tiba di situs YouTube juga disusul dengan video blogging oleh Gamaliel dan Audrey, sepasang kakak-beradik yang membagi rekaman-rekaman video mereka berdua sedang menyanyikan lagu-lagu milik penyanyi populer. Aktivitas yang dilakukan Gamaliel dan Audrey ini dikenal juga dengan istilah cover atau cover version, yaitu menyanyikan kembali lagu-lagu dari penyanyi yang sudah ada atau sudah populer, di mana acara ini banyak dilakukan oleh para video blogger di YouTube. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Video_blogging)

Nah, sebab saya sendiri bergotong-royong memang suka memantau perkembangan Youtube di Indonesia, jikalau dulu orang ludang kecepeh menciptakan video yang mempunyai konsep menyerupai Video Tutorial, Video Lucu-lucuan, Video Pesan Moral, Video Lipsing dan lain-lain. Kini banyak para youtuber hanya cukup mengupload Video yang merekam kegiatan mereka sehari-hari, jadi tak harus mempunyai konsep, misalnya Vlognya Raditya Dika, jadi bergotong-royong simple banget ya.. hanya ngerekam kegiatan kita, trus di upload di Youtube, udah deh tinggal nunggu aja duitnya ngalir.. hehe..

Untuk ludang kecepeh jelasnya bagaimana video yang di upload ke youtube bisa mengahasilkan uang, akan admin bocorkan pada postingan memberikankutnya. Untuk itu pantau terus blog admin ya..  

Advertisement

Iklan Sidebar