'/> Tips Dan Cara Menghilangkan Kedaluwarsa Bau Pada Ikan

Info Populer 2022

Tips Dan Cara Menghilangkan Kedaluwarsa Bau Pada Ikan

Tips Dan Cara Menghilangkan Kedaluwarsa Bau Pada Ikan
Tips Dan Cara Menghilangkan Kedaluwarsa Bau Pada Ikan

Cara Praktis Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan -
Ikan, merupakan salah satu jenis kuliner hewan dan makhluk hidupi yang hampir disukai oleh tiruana orang baik itu ikan air tawar maupun ikan air asin/laut dan juga beberapa jenis ikan air payau. Ikan digemari sebab mempunyai tekstur daging yang lembut dan rasanya yang gurih selain itu ikan mempunyai evaluasi gizi yang tinggi yang kaya akan protein dan omega 3 yang baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Umumnya ikan akan diolah lagi menjadi berbagai jenis masakan/makanan. Baik diolah dengan cara di goreng, bakar, gulai, pindang, pepes, dan ada juga yang mengolahnya menjadi bakso dan abon, bergantung dari selara masing-masing orang, Namun disisi lain ikan mempunyai kelemahan. Bau amis pada ikan yang terlalu menyengat terkadang menciptakan mual sehingga bagi sebagian orang menjadi enggan untuk mengkonsumsi ikan. Baik ikan air tawar maupun air bahari kedua-duanya menjadikan bau anyir terutama ikan air laut. Baunya jauh ludang kecepeh anyir keberat sebelah air tawar. Tapi jangan khawatir sobat, jangan hingga gara-gara bau anyir tersebut anda jadi ragu untuk mengkonsumsi ikan. Karena bekerjsama bau anyir tersebut bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan dengan cara yang sangat memperringan dan sepele. Sehingga knorma dan budpekerti memakannya bau anyir tersebut sudah tidak ada lagi, dan tentu anda akan ludang kecepeh nyaman untuk menyantapnya.. hehehe.. kemudian bagaimanakah cara menghilangkan bau amis tersebut ? memberikankut tipsnya..

Cara Hilangkan Bau Amis Pada Ikan

Garam dan Air Jeruk/Lemon

Perlakuan sesuai ketentuan, cucilah ikan di air mengalir. Bilaslah ikan dengan kebersihan hingga ke sela-sela terdalam sebab ada kotoran hitam yang terdapat  dibawah kepala ikan tersebut yang menjadi  sumber bau amis. Setelah ikan kebersihan, lumuri dengan garam dan masukkan  air jeruk nipis/jeruk lemon, olesi hingga rata.  Untuk 1 kg ikan bahari diharapkan 3-4 sdm air jeruk lemon . Sementara untuk ikan airtawar diharapkan 2 sdm air jeruk. Setelah itu ikan dicuci kembali . Lakukan hal yang sama sebanyak 3 kali. Terakhir, sesudah dilumuri  garam dan jeruk nipis diamkan selama 20 menit , kemudian dicuci kebersihan lagi sebelum diolah.

Cuka

Setelah ikan dicuci kebersihan, rendamlah  dengan air cuka selama 30 menit sebelum diolah. Cairan cuka menjaga semoga ikan tidak bebrbau anyir pada masa tunggu sebelum dimasak
Asam Jawa
Setalah ikan dicuci kebersihan, rendam ikan dengan air asam jawa pekat selama ludang kecepeh kurang 1 jam. Setelah itu dibilas kembali dan ikan siap digunakan

Daun Serai

Remas daun serai dan asam jawa  lalu  balurkan pada ikan  yang sudah dicuci kebersihan, diamkan selama 20 menit sesudah itu basuh kebersihan kembali sebelum di olah.

Tepung Terigu

Terigu selama ini hanya kita kenal sebagai materi utama pembuatan cake dan camilan manis kecil . Rupanya terigu bisa menghilangkan bau anyir juga . Cuci kebersihan ikan kemudian baluri dengan tepung terigu, diamkan selama 20 menit. Setelah itu basuh kebersihan. Ulangi cara ini hingga 3 kali.  Cara begini  tidak terlalu terkenal sebab dipenilaian agak boros dan mahal.

Jahe dan Bawang Putih

Untuk menghilangkan bau amis, ikan yang sudah dikebersihankan direbus sebentar dengan potongan jahe. Atau dengan cara kedua, bawang putih dan jahe dirajang halus. Lalu lumuri  ikan dengan ranjangan ini hingga ke sisi ikan yang terdalam. Tunggu sekitar 15 menit sesudah itu ikan dikebersihankan kembali

Sabun Anti Bakteri

Lakukan pembersihan sesuai ketentuan ibarat pada poin pertama. Setelah itu ikan di basuh memakai sabun anti basil . Keludang kecepehannya memakai sabun anti bakteri,  ikan tidak cepat membusuk  dan terlindung dari basil .

Mentimun

Untuk jenis belut, cumi dan gurita penggunaan mentimun bisa ludang kecepeh paling anggun untuk menghilangkan bau anyir . Bersihkan belut, cumi ataupun gurita hingga kebersihan sesudah itu memberikan  parutan buah mentimun sembari di remas-remas. Diamkan sekitar  20 menit. Setelah itu dicuci lagi hingga kebersihan dan siap untuk diolah sesuai keinginan.

Susu Segar

Barangkali  cara ini jarang dilakukan, namun penggunaan susu segar bisa membantu menghilangkan bau anyir pada ikan. Rendamlah  ikan selama 15-20 menit dengan susu segar sehingaa bau anyir berkurang . Setelah itu basuh kebersihan . Seperti halnya tepung terigu, cara ini juga dipenilaian mahal, sehingga tak begitu dikenal.

Advertisement

Iklan Sidebar