'/> Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Penyakit Cacar Air

Info Populer 2022

Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Penyakit Cacar Air

Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Penyakit Cacar Air
Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Penyakit Cacar Air

Cara Mengatasi, Menyembuhkan / Mengobati Penyakit Cacar Air
Penyakit ini umumnya di derita oleh seseorang sekali seumur hidup. Dan biasanya diderita ketika usia batita, balita, dan anak - anak walaupun terkadang ada juga yang gres tidak sengaja penyakit ini kadab sudah dewasa. Penyakit cacar mempunyai ciri – ciri bercak-bercak merah pada kulit. Kalau berdasarkan admin sih hampir menyerupai dengan jerawat. Penyakit Cacar Air disebabkan oleh virus varicella-zoster yang sudah ada semenjak berabad - era yang kemudian dan penyakit cacar ini termasuk penyakit yang sangat cepat penularannya.

Apabila menyerang bayi atau usia lanjut berakibat fatal lantaran penyakit ini akan meninggalkan bekas luka cacar yang pecah - pecah, bila penyakit cacar ini terjadi di sekitar wajah, akan meninggalkan bekas menyerupai bopeng pada wajah kita. Penyakit cacar yang terjadi pada usia lanjut dilatar belakangi oleh penurunan fungsi tubuh serta penyakit yang diderita menyerupai diabetes yang mengakibatkan luka infeksi berupa keropeng akhir kadar gula darah yang tinggi.

Cacar air atau Varicella simplex yaitu suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Cacar_air

Gejala Cacar Air

Gejala umum cacar air yang paling praktis dideteksi yaitu ruam merah yang sanggup menyebar ke seluruh tubuh. Tetapi ada beberapa tanda-tanda lain yang mungkin dialami sebelum munculnya ruam, antara lain:

  • Demam.
  • Rasa mual hingga menjadi tidak nafsu makan.
  • Sakit kepala.
  • Kelelahan.
  • Rasa nyeri atau sakit pada otot.
Gejala-gejala di atas terjadi ludang keringh parah pada penderita cukup umur dibandingkan dengan penderita anak-anak. Ruam yang terasa gatal akan muncul sehabis gejala-gejala di atas. Tidak tiruana pengidap cacar air mengalami tanda-tanda ruam yang sama. Ada yang hanya mengalaminya pada beberapa penggalan tubuh tertentu (seperti kulit kepala, wajah, dada, punggung, perut, atau kaki) dan ada yang di seluruh tubuh bahkan hingga di dalam ekspresi dan pendengaran serta di kawasan bokong. Ruam ini biasanya akan melalui tiga tahap perubahan, yaitu:

  • Ruam menjadi bentol-bentol kecil yang gatal.
  • Setengah hari kemudian, bentol-bentol tersebut menjadi bintil diberisi cairan yang sangat gatal.
  • Setelah 1-2 hari, bintil mengering dan menjadi koreng yang akan mengelupas sendiri.
Tetapi ada sebagian pengidap yang mengalami cacar air yang ludang keringh parah. Segera hubungi dokter kalau ada tanda-tanda tidak biasa yang muncul, misalnya:

  • Sakit dada.
  • Kesusahan bernapas.
  • Kulit di sekitar bintil menjadi merah dan terasa perih akhir terinfeksi.
  • Gejala-gejala kehilangan cairan menyerupai ekspresi yang kering dan jarang membuang air kecil.
Cara Mengatasi dan Menyembuhkan Penyakit Cacar

1. Mengkudu

Mengkudu merupakan buah yang sanggup dipakai untuk menyembuhkan penyakit cacar air. Walaupun tak tiruana orang menyukai baunya, mengkudu ampuh dalam mengeringkan cacar air serta membuatnya tak gatal lagi. Penyajiannya cukup dengan menciptakan jus mengkudu dan meminumnya secara rutin setiap hari.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau sanggup menciptakan cacar air menjadi cepat kering hingga sembuh. Sebab kacang hijau mempunyai kandungan gizi yang sangat baik untuk menghilangkan bekas cacar air. Penyajiannya yakni dengan merendam kacang hijau hingga terlihat membengkak. Kemudian, lanjutkan dengan menumbuknya hingga halus. Hasilnya, tinggal dioleskan pada cacar air di seluruh badan. Diamkan beberapa ketika hingga mengering, dan selanjutnya membersihkankan dengan air. Cara ini dilakukan dua kali sehari sebelum mandi untuk mendapat hasil yang memuaskan. Makanan kaya serat ini sanggup menyembuhkan banyak sekali penyakit lainnya menyerupai kurang gizi.

3. Temulawak

Menggunakan temulawak sanggup menjadi materi alternatif untuk mempercepat penyembuhan cacar air. Penyajiannya dilakukan dengan cara mencampurkan 15 gr kencur dan 15 gr asam jawa yang direbus dalam air sebanyak 600 ml hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah itu, ramuan sanggup diminum sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

4. Daun Jarak

Daun jarak merupakan materi alami yang bisa mengobati cacar air. Penyajiannya dilakukan dengan cara merebus 5-7 lembar daun jarak selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu campurkan dengan air supaya ludang keringh hangat dan gunakan untuk mandi. Hal ini dilakukan sebanyak dua kali sehari hingga cacar air sembuh.

5. Lada

Cara menghilangkan cacar air dengan lada mungkin sedikit ditakuti orang pada umumnya, namun lada sanggup dipakai untuk menyembuhkan luka cacar air. Walaupun lada terasa pedas dan gerah ketika dimakan,, namun lada tidak akan perih ketika di oleskan pada luka cacar. Yang penting luka dimembersihkankan dulu dengan air membersihkan yang dicampur dengan anti gatal. Setelah itu, bubuk lada sanggup ditaburkan.

6. Cendana

Candana ternyata mempunyai khasiat sanggup menangani bekas hitam pada tubuh yang timbul akhir cacar air. Caranya yakni dengan menghancurkan beberapa potong cendana hingga halus yang dicampurkan dengan sedikit air. Jika warnanya cokelat sehabis diaduk, maka jadinya bias dioleskan pada bekas luka cacar air tersebut.

7. Bengkoang

Telah banyak diketahui bahwa bengkoang mempunyai khasiat yang besar terhadap kulit. Untuk cacar air sendiri, bengkoang dipercaya bisa memdiberikan khasiat yang besar untuk menghilangkan luka. Awalnya bengkoang dihaluskan dan didiberi sedikit air. Setelah itu, oleskan pada wajah menyerupai masker.

8. Jagung Muda

Jagung mempunyai kandungan yang bisa menjaga kulit ludang keringh awet, ia merupakan masakan yang mengandung amilum super tinggi. Bahkan, pati jagung juga sanggup menenangkan iritasi kulit dan ruam. Cara penyajian jagung muda ini dengan cara memarutnya dan mengoleskannya pada tubuh yang tidak sengaja cacar. Teknik ini biasanya merupakan cara yang bisa menyembuhkan cacar air dengan cepat. Menggunakan jagung muda juga sanggup menghilangkan bekas cacar sehingga penderitanya tak usah khawatir dengan akhir yang ditimbulkan.

9. Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata dipercaya bisa memmembuang sel kulit mati. Oleh lantaran itu, memakai kulit pisang sanggup mempercepat proses penyembuhan cacar air. Penggunaannya dengan cara menggosokkan kulit pisang pada bekas cacar air. Hal ini dilakukan dengan rutin sebanyak dua kali sehari selama 10 menit. Setelah itu sanggup dibilas dengan air.

10. Kunyit

Kunyit selain akibattif untuk mencegah penyakit lipoma, kunyit dipercaya bisa mengobati gatal-gatal yang terjadi pada penderita cacar air. Selain itu, kunyit juga bisa menghilangkan bekas luka akhir cacar ini. Cara penyajiannya yakni dengan menghaluskan kunyit tersebut. Kemudian oleskan pada bekas cacar dan biarkan hingga 10 menit. Setelah itu, cucilah dengan air hingga membersihkan. Selain untuk cacar, kunyit juga akibattif sebagai masakan untuk penderita ambeien.

11. Madu

Madu merupakan materi alami yang bisa menciptakan kulit menjadi mulus. Selain itu, madu mempunyai kandungan yang sanggup mencegah terjadinya infeksi pada luka. Hal ini tentunya cocok untuk penderita cacar air yang kerap mengalami infeksi pada penggalan tubuhnya. Cara menggunakannya pun cukup gampang, yakni dengan mengoleskan madu pada bekas cacar air.

12. Daun Pegangan

Daun pegangan bisa membantu proses peremajaan kulit dari dalam sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita cacar air. Cara penyajiannya dengan dibentuk menjadi jus dan dicampur dengan madu supaya ludang keringh enak.

13. Air Kelapa Muda

Dengan meminum air kelapa muda, maka penyakit cacar air juga akan cepat hilang. Sebab, air kelapa bisa menghilangkan rasa gerah dan gerah yang dirasakan oleh cacar air. Air kelapa ini juga sanggup dimenambahkan dengan beberapa sendok madu supaya ludang keringh terasa enak. Selain itu, air kelapa juga sanggup disiramkan ke tempat cacar air untuk mempercepat proses penyembuhan dan menciptakan cacar air mengering.

14. Air Kacang Polong

Kacang polong merupakan masakan yang mengandung vitamin A dan salah satu jenis masakan yang mengandung asam folat super tinggi. Air kacang polong dipercaya sangat akibattif untuk mengurangi iritasi kulit terutama pada penderita cacar air. Air dari hasil memasak kacang polong ini cukup dioleskan pada penggalan tubuh yang tidak sengaja cacar air.

15. Para Natrium Bikarbonat

Baking soda merupakan obat terkenal yang biasa dipakai untuk mengendalikan gatal-gatal yang dihasilkan oleh cacar air. Caranya dengan menaruh sedikit baking soda pada segelas air. Kemudian mandikan anak dengan memakai spons yang dicelup pada gelas tersebut. Hal ini juga bisa mengeringkan kulit yang tidak sengaja cacar air dan bisa mencegah anak untuk tidak menggaruk ruam.

16. Tidak Menggaruk Kulit

Tak sanggup dihindari lagi, bahwa penyakit cacar sanggup menjadikan gatal di kulit si penderita. Walaupun begitu, menggaruk bukanlah hal baik untuk penderita cacar air. Sebab dengan menggaruk, menciptakan proses penyembuhan cacar akan terhambat bahkan menciptakan cacar berbagi cacar ke kawasan kulit lainnya.

17. Menjaga Kemembersihkanan

Sebagai orang yang menderita penyakit cacar, kemembersihkanan sangatlah penting untuk dijaga. Karena dengan menjaga kemembersihkanan, penderita akan terhindar dari kuman-kuman yang yang sanggup menciptakan daya tahan tubuh semakin memburuk. Oleh lantaran itu, penderita cacar air harus selalu mengganti pakaian dan haru menghindari adanya pakaian yang menempel selama 24 jam.

Sumber : http://halosehat.com/penyakit/cacar-air/17-cara-menghilangkan-cacar-air-alami-dengan-cepat
Advertisement

Iklan Sidebar