'/> Manfaat Dan Khasiat Tanaman Songgo Langit / Rincik Bumi

Info Populer 2022

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Songgo Langit / Rincik Bumi

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Songgo Langit / Rincik Bumi
Manfaat Dan Khasiat Tanaman Songgo Langit / Rincik Bumi

Manfaat dan Khasiat Tanaman Songgo Langit / Rincik Bumi -
Pernahkah teman mendengar sebuah tumbuhan yang berjulukan songgo langit atau ada juga yang menyebutnya Rincik Bumi ? emang sih terdengar agak waw dari namanya.. lantaran tumbuhan yang kalau dalam bahasa Indonesianya berarti penyangga langit atau penopang langit.. hihihi. tapi mungkin dinamakan demikian lantaran tumbuhan ini merupakan tanaman merambat yang bisa tumbuh sangat panjang dan mungkin kalau tumbuhan ini merambat pada tiang yang tingginya hingga langit tumbuhan tersebut bisa hingga kelangit.. hahaha.. kalau ini memang admin yang lebay.. tapi ya begitulah mungkin kenapa bisa dinamai songgo langit. Tapi bagi anda yang belum pernah melihat tamanan ini, sedikit citra saja, tumbuhan ini berdaun dan berbatang kecil dan berbentuk daun menyerupai jarum. Bisa anda lihat gambarnya diatas. Makara yang admin maksud sanggo langit disini bukan Songgolangit (Tridax procumbens) ya, lantaran memang ada 2 jenis tumbuhan yang berjulukan sama “Songgo Langit”. Namun Songgo Langit yang admin bahas ialah SonggoLangit yang mempunyai nama lain Rincik Bumi.

Oke. Kembali ke pembahasan tumbuhan Rincik Bumi / Songgo Langit. Biarpun tumbuhan ini sangat kecil, tapi keuntungannya tak sekecil ukurannya. Dan selain sebagai tumbuhan obat, rincik bumi juga bisa di jadikan tumbuhan hias penghias pekarangan rumah. Lalu apa sajakah manfaat dari tumbuhan ini ? Mau tau ? yuk kita simak infonya di bawah ini :

Rincik bumi ialah tumbuhan obat yang berasal dari Amerika tropis. Di Jawa, ia tumbuh liar di tanah yang telantar, ataupun tumbuhan hias yang dirambatkan di pagar. Dikenal dengan nama penahan langit, songgo langit (Melayu); bunga tali, rincik bumi (Sunda); dan katilan.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Rincik_bumi

Nama latin tumbuhan rincik bumi ialah Ipomoea Quamoclit L. sedangkan dalam bahasa inggris tumbuhan rincik bumi ini mempunyai nama Cypress Vine, Cardinal Climber, dan Star Glory. Ciri-ciri tumbuhan rincik bumi ini mempunyai bentuk daun menyerupai jarum yang bergerombol serta bunga yang berwarna merah yang berbentuk lingkaran memanjang.

Klasifikasi Tanaman Rincik Bumi

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Asteridae
  • Ordo: Solanales
  • Famili: Convolvulaceae (suku kangkung-kangkungan)
  • Genus: Ipomoea
  • Spesies: Ipomoea quamoclit L
Manfaat Tanaman Rincik Bumi / Songgo Langit


  • Wasir (hemorrhoid)Masyarakat modern pada umumnya mempunyai kudang kecepeasaan buruk, dengan menjalani contoh makan yang tidak sehat. Mereka cenderung menyukai makanan yang tidak mengandung serat, bahkan tinggi kolesterol dan lemak. Pola makan menyerupai ini seharusnya segera diubah. Perbanyak makan buah dan sayuran hijau, untuk melancarkan pencernaan.

    Nah, kalau pencernaan tidak lancar akhir kurangnya serat, maka ujung-ujungnya ialah persoalan sembelit. Knorma dan budbahasa sembelit tidak segera diobati, maka sanggup memicu persoalan serius menyerupai wasir. Jadi, untuk mencegah hemorrhoid dengan mengubah gaya hidup anda.

    Sedangkan obat wasir dengan materi alami. Pertama, kepanasankan 750 ml air memakai api kecil. Masukkan 9 gram daun rincik bumi ke dalamnya, tunggu hingga airnya berkurang 250 ml. Setelah air menjadi dingin, sebagian diminum dan sisanya dipakai untuk mencuci bab tubuh yang bermasalah. Atau sebagai obat luar, anda sanggup menerapkan daun katilan pada area yang sakit. Tentu saja sesudah melumatkan daunnya terludang kecepeh lampau.
  • Menurunkan Panas
    Air rebusan daun rincik bumi juga sanggup dipakai untuk menurunkan suhu tubuh melonjak. Saat si kecil mengalami demam, diberikan minuman yang terbuat dari rebusan daun tali-tali kepadanya.
  • Mengobati Borok dan Luka Koreng
    Salah satu penyakit kulit yang menciptakan tidak nyaman ialah borok. Jangan cemas, ambil saja daun tali-tali lalu rebus bersama dua gelas air selama beberapa menit. Saat airnya dingin, sanggup dikonsumsi dan dipakai sebagai obat luar. Ulangi pangobatan setiap pagi dengan rutin, hingga luka kering dan sembuh.
Sumber : /search?q=manfaat-dan-khasiat-tanaman-songgo
  
Advertisement

Iklan Sidebar