'/> Manfaat Dan Khasiat Daun Sintrong Bagi Kesehatan

Info Populer 2022

Manfaat Dan Khasiat Daun Sintrong Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Sintrong Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Daun Sintrong Bagi Kesehatan

Daun Sintrong, Si Gulma yang Bermanfaat -
Apakah sahabat seorang yang menyukai sayuran atau lalapan ? jikalau sahabat hobi makan lalapan ibarat timun, daun kemangi, jengkol atau petai mungkin itu hal yang biasa, lantaran memang lalapan tersebut umum di makan oleh seseorang. Tapi pernahkah sahabat lalap dengan daun sintrong ? atau malah sahabat ada yang belum tau apa itu daun sintrong ? kalau belum tahu sanggup dilihat pada gambar di samping. Bagaimana ? mungkin sahabat pernah melihatnya dipekarangan atau dikebun-kebun lantaran tumbuhan ini tumbuh liar dan sering dianggap gulma. Daun sintrong sendiri mempunyai banyak nama atau sebutan, dan di setiap tempat berbeda namanya. Kalau di tempat admin biasa disebut daun sintrong. Dan mungkin berbeda sebutan di tempat anda. Hehehe

Daun sintrong biasanya dijadikan sebagai lalapan, baik di lalap sehabis di rebus lampau atau sanggup pribadi mentah-mentah saja sesuai selera. Khusus buat admin doyan banget lalap mentah. Akan tetapi daun sintrong tidak hanya dijadikan lalapan saja melainkan sanggup juga ditumis atau di sayur santan. Bagi admin daun sintrong itu mempunyai cita rasa dan aroma yang khas. Dan sanggup menambah selera makan. Selain lezat di santap, daun sintrong juga niscaya mempunyai manfaat. Sebab ibarat halnya sayuran lain, daun sintrong juga tentu mempunyai skor gizi yang tinggi. Sehingga dari skor gizi tersebut sanggup memdiberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari daun sintrong :

Sintrong (Crassocephalum crepidioides) yakni homogen tumbuhan anggota suku Asteraceae. Terna ini umumnya ditemukan liar sebagai gulma di tepi jalan, di kebun-kebun pekarangan, atau pada lahan-lahan terlantar; pada ketinggian di atas 200 m dpl. Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal sebagai ebolo, thickhead, redflower ragleaf, atau fireweed. Di Indonesia, biasa tumbuhan ini disebut bagini, jambrong, tespong (Sunda), jombloh, mandrung-mandrung, puyung dantaplek (Jawa).

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sintrong

Manfaat dan Khasiat Daun Sintrong Bagi Kesehatan

  • Mengatasi gangguan pada perut (maag, nyeri dll).
  • Mengobati pusing / sakit kepala.
  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Bersifat antiradang.
  • Tonikum
  • Emetik (Memancing muntah)
  • Pencahar (Obat basuh perut)
  • Menurunkan demam.
  • Obat alami untuk radang amandel.
  • Eksim
Cara Penggunaan :

Siapkan beberapa helai daun sintrong (secukupnya) lalu dihaluskan dan direbus dengan menambah sedikit air. Tambahkan garam dapur dan diminum selagi hangat.

Efek Samping Daun Sintrong

Karena adanya kandungan alkaloida pirolizidina dalam sintrong, sebaiknya Anda mengkonsumsi sayuran sintrong ini secara masuk akal dan tidak berludang keringhan. Apabila Anda mengkonsumsinya secara berludang keringhan atau tidak sewajarnya, akan sanggup mengakibatkan akhir samping dari sayuran sintrong tersebut, yaitu pemicu timbulnya kanker atau tumor dan kerusakan pada organ hati.

Advertisement

Iklan Sidebar